Pencarian

Baru Pertama Kali Perawatan Wajah? Pahami Dulu Hal-Hal Ini

post-title

Facial atau treatment wajah mirip dengan prosedur perawatan kecantikan lainnya, di mana terdapat berbagai opsi yang disesuaikan dengan kondisi dan jenis kulit yang ingin diatasi. Tapi, tetap ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh orang-orang yang baru melakukan perawatan wajah untuk pertama kalinya.

Menurut Elizabeth Rimmer, seorang ahli perawatan kulit yang dikutip dalam laman Popsugar pada Kamis (14/12/2023), sebelum mencoba perawatan wajah pertama kali, penting untuk bertanya kepada terapis mengenai kemungkinan rasa sakit atau ketidaknyamanan yang mungkin muncul.

"Biasanya, perawatan wajah tidak menimbulkan rasa sakit, namun beberapa perawatan, seperti mikrodermabrasi dan ekstraksi, dapat menyebabkan sedikit ketidaknyamanan," jelas Rimmer.

Jenis-jenis treatment seperti ekstraksi pori-pori dan chemical peels yang lebih intensif cenderung memerlukan waktu pemulihan yang lebih lama ketimbang treatment wajah yang lebih lembut.

Menurutnya, bijaksana untuk "merencanakan waktu yang tepat" untuk menghindari masalah kulit yang memerlukan waktu pemulihan. Sebaiknya, hindari melakukan ekstraksi wajah menjelang acara besar, dan disarankan untuk melakukannya beberapa hari sebelumnya.

Rimmer juga menyampaikan bahwa treatment wajah yang melibatkan pengelupasan kulit seperti mikrodermabrasi dan penggunaan produk yang mengandung retinol mungkin meningkatkan risiko kerusakan akibat sinar matahari.

"Disarankan untuk menggunakan SPF 30 atau lebih tinggi dan bebas minyak. Perawatan seperti dapat meningkatkan risiko ini, dan terapis akan memberi tahu Anda apakah Anda harus lebih waspada terhadap penggunaan SPF," jelas Rimmer membagikan tips ampuh.

Usai treatment, kulit mungkin mengalami kering selama satu atau dua hari yang menurut Rimmer, merupakan hal yang normal. Bagi yang khawatir akan kemunculan jerawat setelah treatment, disarankan untuk memilih treatment yang lebih menghidrasi.

Rimmer menekankan pentingnya mendapatkan informasi yang komprehensif sebelum menjalani treatment wajah secara keseluruhan. Hal ini bertujuan untuk mencegah munculnya masalah setelah treatment wajah yang mungkin dikhawatirkan.

Twitter