Pencarian

Cara Menentukan Aksis Jantung lewat Metode SAM

post-title

Aksis jantung ini adalah arah rata-rata dari gaya listrik jantung. Ini umumnya terlihat pada hasil perekaman EKG. Perawat harus menentukan diagnosisnya dengan "sempurna." Jadinya, ini salah satu kemampuan yang menantang untuk dipelajari.

Namun secara umum, aksis jantung ini juga termasuk hal yang rumit. Bahkan bisa dibilang momok juga bagi para dokter, baik yang bertugas di Puskesmas atau Dokter Jaga IGD. Direktur Rumah Sakit Nahdlatul Ulama (RSNU) Babat Lamongan, dr. Akbar Fahmi, dalam sebuah tulisan mengaku pernah memberi beberapa gambar EKG pada 50 orang dokter. Hasilnya?

"Hanya 7 orang yang secara sempurna bisa menentukan 'diagnosis' aksis jantungnya," tulis dr. Akbar.

Jadi, ini bisa jadi gambaran betapa rumitnya perkara aksis jantung. Padahal, skill ini adalah penunjang krusial yang bertujuan menguatkan gejala klinis terhadap penyakit yang diderita pasien. Sebab, menguasai kemampuan ini berarti bisa dengan mudah mengetahui Hipertrofi ventrikel (kanan dan kiri), Hipertrofi atrium (kanan dan kiri), kelainan katup mitral, kelainan katup pulmonal, hipertensi pulmonal, mengenali komplikasi PPOK, dan masih banyak lagi.

Selama ini, membaca dan menentukan aksis jantung selalu menggunakan tiga metode konvensional yakni Metode Grafik, Metode Aproksimasi serta Metode Vektor. Tapi, khusus kali ini, kita akan membahas Metode SAM (Super Axis Man) yang dibuat oleh Gerard Fennessy.

Cara Menggunakan Metode SAM

Secara umum, metode ini terbagi menjadi tiga cara :

1. SAM memakai pendekatan segitiga siku-siku untuk menentukan arah aksis jantung.

2. Pada SAM, ada beberapa segitiga siku-siku yang terbentuk. Tapi, yang paling sederhana dan mudah untuk digunakan adalah yang dimulai dari 0° dan berakhir di 90°. Yaitu, antara I dan aVF.

3. Jadi, kita akan memplot defleksi NET dari kompleks QRS di sadapan I pada SAM, dan kemudian memplot defleksi NET dari sadapan aVF. Setelah itu kita akan menarik garis untuk menghubungkan keduanya. Dan itulah aksis jantungnya.

4. Kalau sudutnya ke bawah berarti nilainya plus (+). Kalau ke atas, nilainya minus (-).

Sukar mengerti dalam kata-kata? Oke, kita pakai grafik, yaa.


Nah, kenalin yang di atas itu namanya SAM. Tugasnya membantu tenaga kesehatan untuk menentukan aksis jantung.

Contoh Pertama

Nah, ini adalah lead I dan aVF.

Defleksi kompleks QRS pada lead I adalah 7 kotak ke atas dan 3 kotak ke bawah. Maka defleksi NET : 7 - 3 yang hasilnya adalah +4. Jadi, pada SAM kita tarik garis menuju titik 4 ke arah kanan.

Defleksi kompleks QRS pada lead aVF adalah 16 kotak ke atas dan 1 kotak ke bawah. Maka defleksi NET : 7 - 3 yang hasilnya adalah +15. Dan, pada SAM kita tarik garis menuju titik 15 ke arah bawah.

Kemudian, tariklah garis untuk menghubungkan keduanya. Pakai penggaris sudut busur derajat dan diperoleh bahwa dari sudutnya, axis jantungnya adalah +75 derajat.


Contoh Kedua

Nah, ini adalah lead I dan aVF.

Defleksi kompleks QRS pada lead I adalah 5 kotak ke atas dan 5 kotak ke bawah. Maka defleksi NET : 5 - 5 yang hasilnya adalah +0 alias tidak ada kotak. Jadi, pada SAM kita tak bisa menarik garis ke kanan alias tidak ke mana-mana. Ini disebut sebagai "isoelectic."

Defleksi kompleks QRS pada lead aVF adalah 17 kotak ke atas dan 2 kotak ke bawah. Maka defleksi NET : 17 - 2 yang hasilnya adalah +15. Dan, pada SAM kita tarik garis lurus menuju titik 15 ke arah bawah.

Garis lurus ditarik dari titik di tengah SAM. Bahkan, meski tidak memakai penggaris sudut busur derajat, kamu tetap tahu kalau axis jantungnya adalah +90 derajat.

Nah, itu tadi cara mudah menentukan axis jantung berdasarkan Metode SAM. Sudah cukup jelas, kan?


Referensi :

Fennessy, G. (2020, November 3). Super axis man sam. Life in the Fast Lane • LITFL. Retrieved November 10, 2022, from https://litfl.com/super-axis-man-sam/

3 Langkah Mudah menentukan Aksis Jantung metode sam. Nerslicious. (2022, August 20). Retrieved November 10, 2022, from https://www.nerslicious.com/menentukan-aksis-jantung-metode-sam/ 

Tabel Sederhana Yang akan bantu kamu menentukan Aksis Jantung Dalam 1 menit. Dokter Post. (2022, January 19). Retrieved November 10, 2022, from https://dokterpost.com/tabel-sederhana-yang-akan-bantu-kamu-menentukan-aksis-jantung-dalam-1-menit/ 

Twitter